Rabu, 22 September 2010

Ujian Naik Kelas

Sama dengan seluruh orang yang pernah mengecap pendidikan di bangku sekolah, setiap kali saya mau naik kelas dahulu saya menempuh ujian semester akhir tahun ajaran pendidikan. Bila saya dianggap lulus maka saya akan naik kelas tetapi bila saya dianggap gagal maka saya akan tinggal kelas. Alhamdulillah selama saya menempuh pendidikan di bangku sekolah sejak SD, SMA, dan Perguruan tinggi saya selalu lulus ujian dan tentunya naik kelas. Semua itu karena saya belajar sungguh-sungguh dan teratur dan tentu saja karena pertolongan Allah SWT, yang menganugerahkan saya kesehatan, kesempatan, dan kemauan sehingga saya dapat menggunakan potensi saya untuk belajar.

Selama masa belajar di sekolah ada banyak tantangan dan godaan dalam belajar hingga kadang -kadang juga timbul rasa malas dan bosan. Tetapi tantangan yang paling berat adalah lupa dan ketidakmampuan menggunakan waktu dengan baik. Maka dari itu wajar bila ada beberapa teman tinggal kelas. Hal ini berlaku sepanjang waktu, yakni selalu ada saja anak sekolah gagal naik kelas atau lulus ujian akhir.

Sama halnya dengan ujian naik kelas, dalam tingkatan keimanan juga ternyata ada ujian naik tingkat iman yang lebih tinggi. Setiap kali kita akan naik ke tingkat iman yang lebih tinggi maka selalu ada ujian untuk itu. Tantangan dan godaan juga senantiasa menyertai diri kita. Oleh karena itu wajar pula ada orang selalu tinggal kelas dalam tingkatan iman mereka hingga imannya selalu berada dalam kelas rendah.

Kita membutuhkan kesungguhan dan kesabaran dalam menempuh penididikan iman dalam kehidupan kita. Kita semestinya tekun berzikir, menegakkan shalat, bersedekah, dan berdo'a sehingga kita dapat naik kelas lebih tinggi dalam iman. Kita juga harus mengetahui tantangan paling keras dalam menempuh pendidikan iman, yakni rayuan syetan, nafsu terhadap harta, tahta, dan lawan jenis. Oleh karena itu marilah kita bekerja sama dan tolong menolong dengan cara saling berpesan-pesan dalam kebenaran pada pendidikan iman ini agar kita sama-sama dapat naik kelas.

Tidak ada komentar: