Selasa, 15 Februari 2011

Obat

Satu hari anak saya sakit. Saya bawa ke rumah sakit untuk berobat. Dokter menuliskan resep obat untuk saya beli ke apotik. Saya memberikan resep obat ke apoteker untuk memperoleh obat yang dimaksud. Diantara obat itu ada yang rasanya pahit dan susah diminum oleh anak saya. Tetapi dia tetap harus meminumnya karena saya tahu bahwa obat itu insya Allah akan mengobati penyakitnya. Saya yakin orang lain juga pernah mengalamai hal demikian.
Mirip dengan hal tersebut setiap sunnah Nabi Muhammad SAW adalah obat bagi penyakit yang diderita manusia baik penyakit fisik maupun penyakit rohani di kehidupan dunia ini maupun di kehidupan akhirat kelak. Meskipun kadang-kadang sunnah nabi terasa berat untuk mengikutinya namun sebaiknya tetap kita bersabar untuk mengikutinya karena kita yakin sunnah nabi adalah obat yang akan menyembuhkan berbagai penyakit dalam hidup kita. Misalnya saja Nabi bersabda : “Jagalah lisanmu.” Hadist Nabi SAW ini sangat ampuh untuk menentramkan rumah tangga, menjaga jalinan persaudaraan, keharmonisan dalam bertetangga, dan ketenangan batin.


…Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah…(Q.S.59:07)

Tidak ada komentar: