Selasa, 15 Februari 2011

Lantera

Abu Rayhan

Apa yang dilakukan orang kalau memasuki sebuah ruang yang gelap. Mereka akan membawa lantera dan menyalakannya ketika masuk ke da.am ruang gelap itu.

Saya juga melakukan hal demikian. Kalau saya masuk ke dalam ruang gelap misalnya goa maka saya akan membawa lantera atau semacamnya seperti senter dan tidak lupa menyalakanya. Kalau lantera mati maka saya tidak dapat melihat apapun di dalam ruang gelap itu. Saya akan dengan mudah terbentur benda benda keras atau benda lain yang akan membahayakan keselamatan saya.

Sekarang tahukah anda bahwa kita semua akan memasuki ruang yang sangat asing dan sangat gelap yakni alam akhirat. Bagaimanakah nanti kita akan berjalan di sana tanpa lantera yang cukup terang untuk menerangi alam akhirat yang luasnya sama dengan langit dan bumi?

Oleh karena itu untung masih ada waktu mengapa kita tidak siapkan memang lantera itu sebelum memasuki alam akhirat yang pasti lebih pasti dibanding terbitnya matahari di timur dan tenggelam di barat. Lantera itu berupa tubuh kita sendiri yang bercahaya terang diakhirat. Hal itu bisa terjadi manakala kita rajin ke masjid untuk menegakkan shalat wajib 5 waktu meskipun suasana gelap di malam hari.

Tidak ada komentar: