Selasa, 15 Februari 2011

Akar Pohon

Abu Rayhan Al-Biruni

Ahli pertanian memahami bahwa bagian terpenting dari setiap pohon tanaman adalah akarnya. Bila akar pohon tanaman rusak maka tiadalah gunanya kita merawat tanaman itu sebab ia akan tetap binas.
Mirip dengan tanaman, kehidupan juga memiliki akar yakni keta’atan kepada Allah SWT dengan cara mengamalkan agama menurut tuntunan baginda Nabi Muhammad SAW.
Hari ini kita menyaksikan pohon kehidupan manusia rusak, yakni ketaatan kepada Alah rusak karena lemahnya manusia mengamalkan agama Allah SWT. Oleh karena itu meskipun ilmu pengetahuan dan teknologi, perekonomian, pertanian, politik, budaya, dan kedokteran maju pesat tetap saja manusia mengalami penderitaan fisik dan batin di dunia ini dan terlebih lagi nanti di akhirat.
Hari ini bukan hanya orang kafir yang mengabaikan agama tetapi orang muslim sendiri telah melecehkan agamanya. Hari ini dikabarkan bahwa tidak lebih 12 % kaum muslim yang menegakkan shalat, kurang lebih 6 % kaum muslim dari yang wajib zakat yang mengeluarkan zakat.
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[839] dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S.16:97)

Tidak ada komentar: